Tuesday 14 November 2017

Filled Under: ,

7 Bahaya & Efek Samping Nanas Bagi Ibu Hamil

7 Bahaya & Efek Samping Nanas Bagi Ibu Hamil

Buah yang satu ini kaya akan manfaat yang bagus untuk kesehatan Anda, walaupun ada banyak manfaat kesehatan nanas, ibu hamil harus menghindari buah yang satu ini, karena memiliki banyak bahaya bagi anak di dalam rahim. Agar lebih jelas, berikut adalah penjelasanya.

Berikut Adalah Bahaya Bagi Ibu Hamil:

1.  Meningkatkan Resiko Aborsi

Buah nanas kaya akan mineral dan protein dan dapat menghilangkan sakit tenggorokan dan infeksi lainnya di perut, tapi untuk ibu hamil manfaat inu akan berubah menjadi bahaya, karena dapat meningkatkan resiko aborsi.

2.  Menyebabkan Kontraksi Rahim

Mengkonsumsi nanas untuk ibu hamil pada trimester awal dapat menyebabkan risiko kontraksi rahim yang berbahaya bagi rahim yang sedang tumbuh. Sebaiknya hindari buah seperti nanas dan pepaya saat hamil.

3.  Manfaat Nanas Tidak Begitu Bermanfaat Bagi Ibu Hamil

Sebuah penelitian menunjukan bahwa nanas segar mengandung bromelian yang dapat melembutkan leher rahim dan juga menyebabkan diare bagi Ibu hamil. Agar Ibu hamil tidak terkena bahaya dari buah nanas, lebih baik untuk menghindari buah ini sama sekali.

( Baca Juga: 6 Olahraga Yang Aman & Bagus Untuk Ibu Hamil )

4.  Menyebabkan Kelahiran Bayi Prematur

Bahaya buah nanas bagi Ibu hamil ialah mendorong kelahiran bayi prematur atau bayi lahir kurang bulan.

Hal ini di karenakan buah nanas dapat melembutkan leher rahim sang Ibu sehingga mengakibatkan kelahiran bayi prematur karena adanya kandungan bromelain yang dimiliki oleh buah nanas.

5.  Meningkatkan Kadar Gula Darah

Buah nanas memang dilarang keras bagi Ibu hamil yang memiliki masalah penyakit diabetes atau diabetes gestasional. Hal ini dikarenakan buah nanas mengandung kadar gula alami yang dapat memicu kenaikan kadar gula darah.

Efek ini dapat menyebabkan masalah bagi janin, termasuk adanya resiko keguguran dan kelahiran prematur sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya.

6.  Menyebabkan Masalah Pencernaan

Meskipun nanas banyak mengandung vitamin C dan mengandung enzim pencernaan yang diperlukan tubuh, namun pada saat hamil hal ini dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti diare dan mulas.

7.  Berdampak Buruk Pada Kulit Bayi

Menurut penelitian, mengonsumsi nanas yang di hidangkan dalam suhu yang panas, bisa berdampak buruk pada kulit bayi atau reaksi alergi. Nanas yang di hidangkan dalam kondisi atau suhu yang panas dapat mengeluarkan racun yang akan memicu dua hal tersebut.

Jika Anda ingin memanfaatkan khasiat bromelain yang terdapat pada buah nanas untuk mempermudah proses persalinan, Anda tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah nanas tapi Anda wajib menanyakannya terlebih dahulu kepada dokter.

Anda disarankan untuk mengonsumsi nanas yang masih segar. Hindari mengonsumsi nanas yang sudah diproses seperti jus atau minuman kaleng, karena enzim bromelainnya sudah rusak.

Intinya, Anda harus berhati-hati saat mengonsumsi nanas selama kehamilan, khususnya pada usia awal kandungan.

Baca Juga:

0 comments:

Post a Comment