Sunday 12 November 2017

Filled Under: ,

12 Efek Samping & Bahaya Terlalu Banyak Makan Nanas

12 Efek Samping & Bahaya Terlalu Banyak Makan Nanas

Nanas adalah sumber yang baik dari sejumlah nutrisi penting seperti vitamin, mineral, fitonutrien, antioksidan dll dan kehadiran nutrisi ini menjadikannya buah yang sangat baik untuk kesehatan, kulit dan rambut Anda.

Akan tetapi manfaat nanas akan menjadi bahaya dan efek samping jika di konsumsi secara berlebihan. Berikut adalah bahaya dan efek samping jika mengkonsumsi nanas secara berlebihan.

Efek Samping Dan Bahaya Terlalu Banyak Makan Nanas:

1.  Dapat Menyebabkan Reaksi Alergi

Nanas baik untuk kesehatan Anda akan tetapi beberapa di antara Anda mungkin mengalami reaksi alergi ringan seperti bibir bengkak, merasakan sensasi kesemutan di tenggorokan dll ketika mengkonsumsi nanas.

Reaksi alergi ini disebabkan oleh enzim yang ada dalam nanas. Untuk menghidari reaksi alergi ini, disarankan untuk membersihkan irisan nanas secara menyeluruh dengan air garam bersih.

Dengan cara ini akan menghilangkan enzim yang menyebabkan reaksi alergi dan Anda dapat menikmati nanas tanpa khawatir.

2.  Meningkatkan Resiko Aborsi Dan Keguguran

Buah nanas dapat memberi efek buruk pada kesehatan ibu hamil dan bayi yang berada dalam kandungan.

Nanas mengandung banyak enzim dan beberapa enzim ini dapat meningkatkan kontraksi rahim pada tahap awal kehamilan yang dapat menyebabkan keguguran.

3.  Menyebabkan Mulas, Diare, Insomnia, Sakit Perut dll.

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah nanas memang baik untuk kesehatan Anda karena vitamin C memiliki banyak mannfaat. Namun jika Anda kelebihan vitamin C justru akan menimbulkan masalah kesehatan seperti muntah, mulas, diare, insomnia, sakit perut dll.

4.  Terlalu Banyak Makan Nanas Berbahaya Bagi Anda Yang Sedang Mengalami Radang Sendi & Rematik

Nanas bagus untuk Anda yang menderita radang sendi karena khasiat antiinflamasi nanas bisa memberi keringanan dari pembengkakan sendi.

Namun, Anda yang menderita radang sendi dan rematik harus berhati-hati dalam mengkonsumsi nanas dan pastikan tidak terlalu banyak (dengan harapan mendapatkan lebih banyak manfaat).

Jika Anda terlalu banyak makan nanas Anda justru akan mendapatkan efek samping dan bahaya dari buah nanas, bukan mendapatkan manfaatnya.

5.  Bisa Meningkatkan Gula Darah

Nanas baik untuk penderita diabetes karena membantu mengatur kadar gula darah namun tetap saja, buah ini mengandung banyak gula alami seperti sukrosa dan fruktosa.

Meski ini gula sederhana namun tidak begitu baik untuk penderita diabetes bila dikonsumsi secara berlebihan. Karena alasan ini, pasien diabetes disarankan untuk menjaga asupan nanas mereka, dengan hanya memakan satu sampai dua porsi per hari.

6.  Dapat Berpengaruh Dengan Obat Tertentu

Bromelain yang terdapat di dalam buah nanas sangat bagus untuk kesehatan Anda karena akan memberi banyak manfaat tetapi juga dapat berpengaruh dengan beberapa obat seperti antibiotik dan antikonvulsan, yang menyebabkan masalah bagi beberapa penggunanya.

Jadi, jika Anda menggunakan obat tersebut sebaiknya Anda tidak usah mengkonsumsi buah ini, kecuali ada saran dari dokter.

7.  Nanas Mentah Bisa Menyebabkan Muntah

Jika Anda adalah penggemar nanas dan suka memakannya atau meminumnya dalam bentuk jus untuk menikmati rasanya yang lezat dan untuk medapatkan berbagai manfaat yang diberikan oleh buah berbentuk mahkota ini, maka pastikan bahwa Anda selalu makan buah nanas matang.

Ini karena nanas mentah bersifat toksik yang sangat berisiko bagi kesehatan Anda dan bisa menyebabkan muntah yang parah.

8.  Dapat Menyebabkan Infeksi Tenggorokan Dll

Nanas merupakan sumber vitamin C yang baik yang membuatnya bersifat asam. Sifat asam nanas ini dapat mempengaruhi produksi lendir di tenggorokan dan mulut Anda, yang akan menyebabkan rasa kasar di tenggorokan dan mulut Anda.

Pada beberapa orang, hal itu juga bisa menyebabkan sakit perut. Makan terlalu banyak nanas bisa memperburuk kondisi yang menyebabkan timbulnya infeksi tenggorokan.

9.  Bisa Berpengaruh Dengan Obat Antikoagulan (Obat Pengencer Darah)

Nanas bermanfaat untuk melancarkan darah dari pembekuan darah karena adanya bromelain di dalamnya.

Namun, jika Anda sudah menggunakan obat antikoagulan (obat pengencer darah) maka sebaiknya hindari makan nanas karena memakan nanas dan minum obat antikoagulan bersama-sama dapat memberi efek buruk pada kesehatan Anda.

10.  Bisa Berpengaruh Dengan Tekanan Darah

Nanas merupakan sumber potasium yang baik untuk membantu mengatur tekanan darah. Namun, jika Anda sudah mengonsumsi obat untuk menurunkan hipertensi maka Anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsi nanas.

Ini karena makan buah nanas dikombinasikan dengan obat-obatan untuk menurunkan hipertensi dapat mengurangi tekanan darah kita ke tingkat yang sangat rendah.

11.  Dapat Menodai Gigi Anda & Melukai Lapisan Gigi

Mengkonsumsi nanas secara teratur dan secukupnya baik untuk kesehatan mulut karena membuat gigi dan gusi tetap sehat namun terlalu banyak memakan buah nanas dapat memberi dampak negatif pada kesehatan Anda karena dapat menodai gigi karena adanya gula di dalamnya.

Dengan cara yang sama, sifat asam nanas bisa melukai lapisan gigi Anda. Jika Anda tidak ingin mengalami masalah mulut seperti gigi berlubang, radang gusi dll, maka Anda harus memakan buah nanas dengan secukupnya.

12.  Tidak Cocok Untuk Seseorang Yang Alergi Serbuk Sari & Debu

Singkatnya, jika Anda alergi terhadap serbuk sari atau debu maka Anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsi buah nanas.

Jika Anda mengalami gejala seperti sensasi terbakar di bibir, mulut, saluran telinga dll atau pembengkakan bibir, lidah, sesak tenggorokan maka Anda sebaiknya berhenti mengkonsumsi nanas untuk mencegah hal-hal buruk terjadi.

Baca Juga:

Sumber: 14 Major Side Effects of Eating Too Many Pineapples

0 comments:

Post a Comment