Thursday 28 September 2017

Filled Under:

5 Cara Sederhana Yang Efektif Mencegah Flu & Pilek

5 Cara Sederhana & Efektif Mencegah Flu dan Pilek

Apakah Anda kerap menderita, akibat pilek atau flu? Kedua penyakit ini memang seakan sudah menjadi penyakit yang sangat umum. Semua orang pernah mengalaminya, tanpa terkecuali.

Kendati tergolong penyakit ringan, kehadirannya akan menganggu aktivitas. Bahkan, tak jarang sebagian orang harus meninggalkan rutinitasnya karena sedang flu atau pilek.

Nah, agar Anda tidak perlu lagi merasa terganggu dan tersiksa akibat flu atau pilek, yuk cari tahu cara mencegah flu dan pilek.

Cara Sederhana Yang Dapat Mencegah Flu Dan Pilek:

1.  Rajin Mencuci Tangan Memakai Sabun 

Jangan pernah menyepelekan manfaat kesehatan dari mencuci tangan menggunakan sabun. Walaupun terkesan simpel, kebiasaan baik yang satu ini terbukti ampuh dalam hal mencegah flu dan pilek.

Apalagi, vaksin flu ternyata tidak 100% ampuh melindungi Anda dari flu, pilek, dan batuk, karena evolusi bakteri yang kian hari semakin cepat dan kuat.

Daripada harus terus terusan membiarkan virus menginfeksi tubuh, segera biasakan diri Anda dan keluarga untuk mencuci tangan pakai sabun.

Lakukan sesuai petunjuk mencuci tangan yang benar dengan durasi minimal 20 detik untuk memperoleh perlindungan terbaik.

Aktivitas sederhana yang dilakukan secara rutin setiap sebelum makan, saat mandi, dan setelah menggunakan toilet terbukti mampu mengurangi resiko infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit, termasuk flu dan pilek.

2.  Gunakan Masker 

Virus penyebab flu dan pilek mudah sekali menyebar di tempat-tempat umum yang ramai, contohnya sekolah, terminal, dan pusat perbelanjaan. Jika Anda tidak dapat menjauhi tempat-tempat ramai tersebut, lindungi diri dengan mengguakan masker.

Gunakan masker selama berada di tempat-tempat umum yang ramai untuk mencegah terinfeksi kuman setelah melakukan kontak dengan orang lain atau fasilitas umum. Dengan cara ini, diharapkan Anda bisa memperoleh perlindungan lebih terhadap infeksi virus penyebab flu dan pilek.

3.  Hindari Stres 

Menjauhi stres adalah cara paling mudah selanjutnya untuk mencegah pilek. Dengan menjauhi stres, sistem kekebalan tubuh akan semakin bertambah. Namun sayangnya, bagi Anda yang tinggal kota-kota besar seperti Jakarta, faktor-faktor penyebab stres tentu susah dihindari.

Dengan mengetahui hal ini, cobalah untuk memotivasi diri Anda agar sebisa mungkin kurangi stres. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengelola stres adalah metode relaksasi selama 30 menit yang dilakukan setiap hari.

Tidak hanya dengan metode relaksasi, menjalani hobi ataupun melaksanakan hal-hal yang disukai juga dapat membantu mengurangi stres dengan mudah. Saat stres berkurang, resiko terkena flu dan pilek akan semakin sedikit

4.  Rutin Berolahraga

Jangan pernah malas olahraga karena memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Salah satunya dalam hal mencegah flu dan pilek. Jenis olahraga yang dianjurkan dalam hal ini adalah senam aerobik.

Senam aerobik, bila dilakukan dengan baik, maka akan membantu mengoptimalkan detak jantung. Hal ini memberikan pengaruh positif, yaitu akan meningkatnya sel-sel yang bertugas untuk membunuh bakteri penyebab penyakit.

Walaupun demikian, bukan berarti jenis olahraga yang lain tidak memberikan manfaat bagi kesehatan.

Kalaupun Anda tidak melakukan senam aerobik, Anda bisa memilih jenis olahraga yang lain seperti jogging atau bersepeda. Lakukan secara rutin selama 30 menit setiap hari untuk hasil yang lebih optimal.

5.  Hindari Asap Rokok dan Jangan Merokok 

Tentu semua orang tahu bahwa merokok tidak baik bagi kesehatan. Terlebih lagi, menghirup asapnya saja tidak dianjurkan. Asap rokok mampu mengurangi kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh menjadi lebih rentan terinfeksi virus flu, pilek, dan penyakit yang lain.

Selain itu, rokok juga mampu membuat saluran di dalam hidung menjadi kering dan membuat bulu-bulu halus yang ada dalam rongga hidung dan paru paru mengalami penurunan fungsi.

Padahal, fungsi bulu-bulu halus tersebut sangatlah penting, yaitu untuk menghalau virus yang masuk melalui hidung.

Bahkan, para ahli medis mengatakan bahwa sebatang rokok saja dapat mengurangi fungsi bulu-bulu halus tersebut sampai 30 menit. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu menjauhi rokok dan asapnya guna mencegah flu, pilek, dan penyakit yang lain.

Baca Juga:

0 comments:

Post a Comment